Minggu, 02 Januari 2011

On the internet (new media)

(Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh yakni Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.)

Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya.

Media baru atau new media merupakan suatu alat-alat atau barang-barang media tradisional yang telah dikembangkan di era abad ke 20. Jika dahulu rata-rata masyarakat mengunakan media-media tradisional seperti koran, novel, komik, dan buku atau menonton televisi, bioskop dan lain-lain, sekarang masyarakat akan coba dialaihkan ke media baru dengan konsep interaktif yang diusungnya. Konsep interaktif itu biasanya akan ditampilkan kepada konsumer dengan alat-alat seperti komputer dan teknologi-teknologi komunikasi yang terhubung dengan koneksi internet. Media baru sangat terikat dengan koneksi internet dikarenakan untuk mendapat kesan interaktif itu dibutuhkan koneksi tanpa kabel yang akan menghubungkan antara konsumen dengan produk media barunya.

Selain itu keunggulan lainnya yang dimiliki new media adalah dapat menimbulkan kehidupan yang lebih dinamis dan lebih bersahabat dengan konsumer. Dengan keunggulan ini gerakan, nafas serta aktifitas-aktifitas konsumer tidak akan terganggu. Keunggulan media baru ini biasanya bersifat mobile. Keunggulan media baru yang kedua ini pastinya dibutuhkan gadget-gadget yang lazimnya dapat dibawa kemana saja (portable) tanpa mengganggu konsumernya dan yang pasti terhubung dengan koneksi internet.

Keunggulan media baru yang terakhir adalah kebebasan. Kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan berkreasi, kebebasan mempublikasikan, kebebasan mendistribusikan dan kebebasan mengkonsumsikannya. Produsen-produsen pembuat media baru biasanya mengkreasikan suatu media barunya dengan sebaik-baiknya konsumen yang selanjutnya dipublikasikan atau didistribusikan agar menarik para konsumen. Selanjutnya pengkonsumsian media barunya ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

Contoh alat-alat yang mendukung media baru antara lain handphone(GPRS, 3G, HSDPA, 4G dan setaranya), Blackberry, iPhone, PDA phone, Laptop, Tablet PC, Handheald dan lain-lain. Handphone(GPRS, 3G, HSDPA, 4G dan setaranya), PDA phone dapat dibilang sebagai salah satu media baru dikarenakan gadget-gadget tersebut dapat terkoneksi internet dan juga dapat membrowsing segala sesuatu yang ingin dicari dengan satu alat. Blackberry yang dikeluarkan RIM (Research In Motion) dan iPhone yang dikeluarkan Apple Corporationjuga termasuk media baru karena dapat terkoneksi dengan internet, kelebihannya adalah gadget ini selalu terhubung dengan internet oleh karena itu setiap notifikasi dari email, sosial network, dan IM selalu ter update. Laptop, Tablet PC dan Handheald dikatakan sebagai alat media baru dikarenakan dapat terkoneksi internet dan khusus untuk Tablet PC dan Handheald lebih portable. New iTuner TV yang diproduksi Apple juga dapat dikategorikan alat media baru karena dengan alat ini tv kita tidak hanya dapat ditonton melainkan dapat membeli film-film secara e-marketing.

Pengaruh New Media di masyarakat sangat besar, terutama dalam penggunaan teknologi internet. Banyak macam dari new media yang kadang membuat pengaruh negatif, namun tidak dapat disangkal kalau new media pun memberikan banyak kontribusi yang positif bagi masyarakat.

Dampak positif yang timbul dari new media contohnya semakin mudahnya mencari informasi,kita bisa mendapatkan informasi apapun melalui internet tanpa harus susah payah pergi ke perpustakaan, atau media lain yang memberikan informasi. Kita pun bisa sharing informasi dengan orang yang tempatnya sangat jauh. Memang dampak hadirnya new media sangat membantu.

Namun Diantara dampak positif tersebut ada pula dampak negatifnya, yang paling menyorot adalah dampak situs jejaring sosial, memang tidak dapat dipungkiri lagi situs jejaring social sudah memberikan banyak manfaat bagi kita semua, seperti bisa bertemu kembali dengan teman lama, memperbanyak teman dan relasi dan bahkan bisa dijadikan ajang bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar