Minggu, 13 Maret 2011

JERAWAT




Masalah utama bagi remaja adalah penampilan, termasuk penampilan wajah. Tentu semua orang menginginkan wajah yang bersih guna meningkatkan rasa percaya dirinya, namun apa jadinya bila terdapat gelembung kemerahan di wajah yang cukup mengganggu atau biasa di sebut dengan jerawat .

Jerawat suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang penelit masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

A. Macam macam Jerawat

1. Jerawat Klasik (Jerawat biasa)
Tampilannya mudah dikenali yaitu tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Penyebab umumnya adalah stres, hormon dan udara lembap pemicu kulit memproduksi minyak yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya pori-pori tersumbat karena terinfeksi dengan bakteri.

2. Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung)
Bentuknya besar dengan tonjolan yang meradang hebat, berkumpul hampir di seluruh area wajah (berbeda dengan jerawat biasa yang terdapat hanya di salah satu bagian wajah). Jerawat ini sering membuat penderitanyah hilang kepercaan diri. Biasanya karena genetik, yaitu memiliki:
* Kelenjar minyak yang over-aktif yang ‘membanjiri’ pori-pori dengan minyak.
* Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
* Memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

3. Komedo
Komedo adalah jerawat yang terdiri dari dua jenis. Pertama, komedo yang terbuka (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara). Kedua, Komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Ini terjadi bila Anda tidak rajin membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, lalu terjadilah penyumbatan. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat memperparah keadaan.


B. Faktor penyebab Jerawat

1. Faktor Genetic
Akibat adanya peningkatan kepekaan unit pilosebasea terhadap kadar Hormone Androgen.

2. Faktor Ras
Ras-ras tertentu seperti mongoloid dan kulit hitam lebih jarang terjadi dibanding orang kulit putih,kaukasian.

3. Faktor Musim
Suhu yang tinggi, kelembaban udara yang lebih besar menyebabkan akne vulgaris.

4. Faktor Makanan
Masih diperdebatkan. Tetapi diduga makanan tinggi lemak (kacang, daging berlemak, susu, es krim), makanan tinggi karbohidrat (makanan manis,sirop), makanan beriodida tinggi (makanan laut) dan makanan pedas.

5. Faktor Infeksi
Ada 3 golongan mikroorganisme yang berperan : C.acnes, S.epidermidis dan P.ovale. Mikroba ini mengeluarkan enzim hialuronidase disamping lipase dan faktor kemotaktik. Lipase memecah lemak menjadi asam lemak bebas yang bersifat komedogenik. Faktor khemotaktik diduga berperan pada proses inflamasi yang terjadi sesudah penyumbatan.

6. Faktor Psikis
Stress emosi pada sebagian pasien meningkatkan produksi androgen dalam tubuh.

7. Faktor Hormonal
Hormon yang berperan adalah dehidrotestosteron (DHT) yang mengganggu keratinisasi, komposisi sebum dan permeabilitas saluran pilosebasea. Merupakan faktor penting pada akne vulgaris. Pada kasus berat kadar DHT meningkat sampai 20x normal.

8. Faktor keaktifan kelenjar Sebesea
Mempengaruhi banyaknya produksi sebum.Pada akne vulgaris produksi sebum jauh lebih tinggi dari normal.




9. Faktor Haid dan pil Anti Hamil
a. Pada 60-70 % wanita lesi akne lebih aktif 1 minggu menjelang haid. b. Pil anti hamil.

- Pil mini (0,05 mg etinil estradiol) tidak begitu berpengaruh pada akne - Pil maksi (> 0,05 mg etinil estradiol) memicu timbulnya akne.

10. Faktor Bahan Kimia
Akne vulgaris dapat timbul karena kontak dengan minyak mineral dan bahan-bahan yang bersifat aknegenik. Disebut akne venenata / “occupational acne”.

11. Faktor Kosmetik
Biasa timbul pada wanita usia dewasa (20-50 tahun) setelah pemakaian kosmetika. Biasanya berupa komedo tertutup terutama pada pipi dan dagu. Biasanya bahan bersifat aknegenik terdapat pada campuran krim alas bedak atau pelembab.

C. Pencegahan dan Pengobatan Jerawat


1. Pencegahan

- cuci selalu wajah pagi dan malam dengan pembersih mengandung salicylic acid atau AHA/BHA untuk mengelupas sel2 kulit mati. Atau scrub kulit wajah minimal seminggu sekali.

- Untuk membunuh bakteri2 penyebab jerawat, gunakan sabun muka yg mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur. Dan gunakan masker anti bakteri/jerawat seminggu sekali. Kalau obat2 jerawat yg dijual bebas tidak mempan, mintalah ke dokter kulit obat jerawat yg mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

- Untuk jerawat batu, Obat jerawat yg dijual bebas tidak akan mempan buat jerawat jenis ini. Memakai scrub pun tidak akan ada hasilnya. Jalan satu2nya adalah meminta dokter meresepkan pil antibiotik seperti tetracycline.Bila dalam sebulan tidak ada tanda-tanda perbaikan, mungkin dokter akan memberikan resep Accutane (kurang pasti di Indonesia sudah ada atau belum), obat yg efektif, tapi kontroversial. Meskipun penyembuhannya memakan waktu hingga 5 bln, dan dapat mengakibatkan bayi cacat pada ibu hamil, tapi tetep aja dianggap sebagai obat mujarab pilihan terakhir.



2. Pengobatan

- Hilangkan blackheads dengan plester pore strips. Untuk whitehead, pakai obat jerawat yg mengandung salicylic-acid (misalnya dari merk Neutrogena atau Clinique acne solutions night treatment gel).

- Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yg mengandung benzoyl-peroksida, atau bila kulit anda tdk tahan, gunakan produk yg mengandung sulfur, spt Neo Medrol atau mujisat tolak jerawat dari Sari Ayu. Kalau obat jerawat tadi tidak mempan juga, mintalah resep salep yang mengandung antibiotik,salah satunya Garamicyn (bisa dibeli bebas). Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.

- Untuk jerawat batu yang satu-satu, penyembuhan yg efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yg membuat jerawat ini sembuh dlm waktu 48 jam. Kalau kasusnya kronis, pil Accutane bisa dicoba, meskipun anda bakal mengalami beberapa side effect, seperti bibir pecah2 yg parah (minta dr.kulit anda meresepkan Acclovate, lip balm anti peradangan) dan kulit yg kering.

















Sumber : id.wikipedia.org

1 komentar:

  1. Kini telah hadir obat jerawat best seller yang terbukti ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya tanpa bekas. obat jerawat alami di rancang khusus untuk berbagai macam jenis kulit wajah sehingga aman jika digunakan. Mau tahu 8 lagi manfaat obat jerawat yang sedang banyak dicari ini? Silahkan kunjungi obat jerawat paling ampuh.

    BalasHapus