Rabu, 31 Maret 2010

manusia dan keindahan

Keindahan
adalah identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran tidak indah.

Ada dua nilai terpenting dalam keindahan

1. Nilai ekstrinsik yakni nilai yang sifatnya sebagai alat atau membantu untuk sesuatu hal. Contohnya tarian yang disebut halus dan kasar.

2. Nilai intrinsik adalah sifat baik yang terkandung di dalam atau apa yang merupakan tujuan dari sifat baik tersebut, contohnya pesan yang akan disampaikan dalam suatu tarian.

Demikian banyaknya hasil seni budaya dengan menggunakan pendekatan ekstrinsik dan pendekatan intrinsik melalui proses penghayatan kita dapat mengetahui alasan mereka atau seniman menciptakan keindahan melalui hasil seni. Kalau Bagong Kussudiarjo ditanya mengapa ia menciptakan berbagai kreasi tarian baru yang menggambarkan kehidupan nelayan, petani, buruh pabrik, tentu ada berbagai macam jawaban mungkin ia ingin mengabadikan kegiatan masing-masing pekerjaan itu pada zamannya. Karena kelak apabila teknologi maju memasuki wilayah itu kegiatan mereka itu akan lain bentuknya. Atau mungkin ia ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa keindahan itu tidak hanya dapat di kota-kota saja, dan yang menggemari keindahan itu bukan hanya para cendikiawan saja, tetapi di masyarakat, nelayan, buruh pabrik dan petani yang setiap hari berjuang demi sesuap nasi-pun merindukan keindahan.

KESENIAN

Kesenian atau seni boleh dibahagikan kepada 4 bahagian iaitu :

  • Seni Suara
  • Seni Gerak
  • Seni Rupa
  • Permainan Tradisional
Menurut Kamus Dewan Seni didefinisikan sebagai karya (sajak, lukisan, muzik, dll) yang dicipta dengan bakat (kecekapan), hasil daripada sesuatu ciptaan.

Manakala kesenian bermaksud perihal seni, yang berkaitan dengan seni, keindahan (kehalusan).

Kesenian ini menjadi tunjang kepada kebudayaan masyarakat Melayu sejak turun temurun lagi. Dengan adanya kesenian seperti ini identiti masyarakat Melayu lebih terserlah dan dikenali ramai.

eksistensi seni sebagai fenomena alamiah yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia, mutlak ada dan diadakan untuk memenuhi kebutuhan naluriah itu sendiri. Sebaliknya, sikap dan dogma yang menolak kebutuhan naluriah manusia, sesungguhnya dapat dilihat sebagai ketidaksempurnaan dari suatu pandangan atau ajaran.

ALIRAN KESENIAN
adalah suatu cara orang untuk menggambarkan ekspresi dengan cara dan tujuan yang berbeda. Aliran kesenian biasanya di peroleh dari suasana ataupun adat tempat seni ini di ciptakan. Aliran kesenian sangat beragam sesuai dengan ekspresi pemikiran manusia yang tak pernah ada habisnya. Kesenian yang beraneka ragam dalam suatu bangsa dapat dijadikan ciri khas dari bangsa tersebut di mata Internasional.

RENUNGAN
adalah suatu masa disaat kita memikirkan sesuatu yang penting dengan cara terdiam. Renungan merupakan suatu cara agar kita dapat merubah sesuatu yang tak baik menjadi baik ataupun sebaliknya. Renungan biasnya hanya melibatkan diri kita sendiri dengan tuhan atau hubungan yang vertikal antara manusia dengan penciptanya

KESERASIAN
adalah kunci dari keindahan. Keserasian dapat diartikan sebagai kesamaan dari suatu yang dapat kita lihat secara visual. Keserasian juga dapat diartikan sebagai kecocokan antara sesuatu baik yang kita lihat atau pun kita rasakan. Keserasian sangat identik dengan keindahan kunci keindahan adalah keserasian, dengan kesearasian maka suatu keindahan akan tercipta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar